Leonid Slutsky Siap Untuk di Gantikan

Leonid Slutsky

Jeleknya performa Rusia di Piala Eropa 2016, membuat manajer Leonid Slutsky menyatakan hal tersebut merupakan kelalaian dirinya. Ia mengatakan Rusia sekarang mesti memiliki manajer baru.

Rusia, tuan rumah Piala Dunia dua tahun yang akan datang, mengakhiri jejaknya di Piala Eropa saat ini dengan kekalahan 0-3 atas Wales, Selasa (21/6/2016) dinihari WIB. Dengan hasil seperti ini Rusia mengakhiri fase grup di tempat juru kunci dengan 1 poin, sebelumnya Rusia juga sempat kalah 1-2 dari Slovakia dan berimbang 1-1 kontra Inggris.

Semenjak tampil di Piala Eropa dengan bendera Rusia, ini adalah kedua kalinya tim “Beruang Merah” mengakhiri fase grup tanpa kemenangan. Hal itu juga berlaku pada Euro 1996 lalu (1 poin).

Hasil ini serta meneruskan pencapaian tak memesona Rusia di Piala Dunia 2014 lalu. Kala itu mereka tereliminasi di fase grup dan tidak mencatatkan satu keberhasilan pun–yang pertama kalinya kisah performa Rusia di dalam turnamen Piala Dunia.

Karena dengan hasil terbaru timnya, Slutsky berterus terang bertanggung jawab penuh. Dengan perjanjian yang memang hanya berlangsung sampai akhir Piala Eropa ini, pria berusia 45 tahun itu mengatakan Rusia benar-benar perlu manajer baru.

“Usai sebuah kompetisi seperti ini Anda perlu orang lain untuk mengajar,” ujar Slutsky.

“Lebih dahulu kami mesti mengganti manajer kepala,” lanjutnya kala ditanya bagaimana Rusia dapat menyiapkan diri untuk Piala Dunia di negeri sendiri dua tahun mendatang.

“Saya mesti bertanggung jawab penuh. Saya sudah memiliki waktu untuk membuat persiapan dan jika kami tidak bisa berhasil maka sudah pasti itu kelalaian saya,” sambungnya.

Slutsky mulai mengurus timnas Rusia kala Agustus 2015 lalu, sebagai pengganti manajer sebelumnya, Fabio Capello, dengan kontrak awal berlangsung untuk fase kualifikasi Piala Eropa. Di kendali Slutsky, Russia mengungguli sejumlah empat pertandingan sisa kualifikasi dan ia pun terus mengurusi Igor Akinfeev cs ke putaran final–dengan langkah itu kini telah berakhir di fase grup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *