Peran Ronaldo Dalam Memotivasi Amat Bagus

Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo dalam laga final kontra Prancis memang tak berkontribusi banyak di lapangan. Namun dia memiliki peran amat bagus dalam hal membangkitkan antusias timnya.

Performa Ronaldo di final Piala Eropa cuma sampai di menit ke-25. Di pertandingan final Portugal kontra Prancis di Stade de France, Senin (11/7/2016) dinihari WIB tadi, Ronaldo terpaksa harus digantikan lantaran mengalami cedera di lutut kiri. Ronaldo mendapatkan cedera usai diterjang Dimitri Payet di menit ketujuh. Meskipun sempat memperoleh perawatan dari tim medis dan tetap memaksakan untuk tampil, pesepakbola berusia 31 tahun itu akhirnya tak minta digantikan.

Portugal mau tidak mau harus menyelesaikan laga tanpa kontribusi dari Ronaldo. Namun akhirnya, Portugal berhasil sebagai tim yang mengangkat trofi Piala Eropa 2016 setelah sukses menaklukkan 1-0 atas Prancis melalui satu-satunya gol Eder di paruh penambahan waktu.

Bek Portugal, Cedric Soares, mengatakan bahwa Ronaldo setelahnya malah tak terlalu muram lantaran mesti mengakhiri permainanya lebih dini. Ronaldo malah dikatakan membuat semangat teman-teman setimnya meningkat.

“Tidak, dia luar biasa. Aksinya luar biasa. Dia senantisa banyak membantu rekan-rekan setim kami, dia senantiasa memiliki banyak kata-kata penyemangat dan seluruh tim pastinya bereaksi, jadi itu amat baik,” ucap Soares.

Soares mengatakan bahwa Ronaldo membuat motivasi timnya melalui pidato singkat kala jeda turun minum.

“Itu (kala Ronaldo ditarik keluar) merupakan momen yang amat sulit. Saya ingat, untuk saya dan tim, saya kira semua orang agak terkejut,” lanjut Soares.

“Saat jeda untuk turun minum, Cristiano mempunyai kata-kata yang luar biasa buat kami. Dia membagikan kami banyak kepercayaan diri dan mengatakan ‘dengar, saya yakin kita bakal menang, jadi tetap bersatu dan berjuang’.”

“Itu benar-benar tak dapat dipercaya. Saya kira semua tim memiliki sikap yang luar biasa. Dan malam ini kami menampilkan bahwa saat Anda berusaha sebagai satu kesatuan, Anda jauh lebih kuat,” ucapnya.

Ini merupakan gelar Piala Eropa perdana untuk Portugal. Sebelumnya, perolehan terbaik Selecao das Quinas yang tercatat adalah mencapai runner-up di edisi tahun 2004 dan mereka sebagai tuan rumah kala itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *